pengertian kamuflase dan mimikri

Kamuflase adalah sebuah metode penyamaran yang bisa berupa perubahan bentuk, warna, rupa, sikap, suara dan sebagainya yang bertujuan agar tidak/sulit dikenali oleh pihak lain. Istilah “kamuflase” awalnya dibawa oleh Belanda yang berasal dari bahasa Perancis kamoufler yang artinya menyamarkan.

Arti kata kamuflase menurut KBBI
Apakah Anda sedang mencari makna dari kamuflase menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia? Berikut adalah penjelasannya:

Arti dari kamuflase adalah: ka.muf.la.se
Nomina (kata benda) perubahan bentuk, rupa, sikap, warna, dan sebagainya menjadi lain agar tidak dikenali; penyamaran; pengelabuan: ranting dan daun-daunan dipakai sebagai kamuflase oleh prajurit yang menyerang itu; keramahtamahannya hanya kamuflase belaka dari maksud jahatnya

menurut wikipedia :

Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh-contohnya adalah belang pada harimau, zebra, belalang, dan seragam tempur motif loreng pada tentara modern. Kamuflase memang suatu bentuk tipuan dan penyamaran.

Kata kamuflase dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa Belanda, yang pada gilirannya meminjam dari bahasa Perancis, 'camoufler' yang berarti 'menyamarkan'.

Mimikri

Mimikri adalah teknik manipulasi warna kulit pada binatang seperti misalnya bunglon yang dapat berubah-ubah sesuai warna benda di sekitarnya agar dapat mengelabuhi binatang predator / pemangsa sehingga sulit mendeteksi keberadaan bunglon untuk dimangsa. Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit menjadi hijau, jika dekat batang pohon warna coklat, dia juga ikut ganti warna menjadi coklat, dan lain sebagainya. contoh hewan yang melakukan mimikri

Kamuflase Pada Hewan (Mimikri)


Mekanisme perubahan warna terjadi melalui dua mekanisme umum. Secara kimia dengan Biochrome dan fisika melalui struktur fisik mikroskopik kulit atau bulu..

Biochrome adalah pigment alami mikroskopik pada tubuh hewan yang memproduksi warna secara kimia. Zat-zat kimia tersebut bersifat mengabsorb beberapa warna dan merefleksikan warna lainnya. Warna yang terlihat merupakan kombinasi dari semua panjang gelombang visible yang direfleksikan pigment kimia itu.
Selain itu hewan juga dapat memproduksi warna melalui struktur fisika microskopik. Prinsipnya, struktuk ini berfungsi sebagai prisma yang merefraksikan dan mendifraksikan cahaya sehingga kombinasi warna akan tercipta membentuk warna tertentu.

Beruang kutub contohnya.
Mereka sebenarnya memiliki kulit berwarna hitam. Namun nampak putih karena mereka mempunyai bulu rambut translucent. Ketika cahaya jatuh pada bulu, cahaya akan sedikit dibengkokkan. Hal ini memantulkan cahaya ke sekitarnya. Sebagian ada yang sampai di kulit, sebagian lagi dipantulkan keluar, menghasilkan warna putih.

Hewan Kamuflase Terbaik


Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil memang jagonya dalam hal kamuflase, hewan ini dapat menyatu dengan lingkungannya secara sempurna. Sulit dilihat walau dalam jarak dekat. Penyamarannya sangat menakjubkan.

Berikut hewan2 kamuflase dan mimikri :

kadal

sotong

katak

kadal

Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)