-->

belajar mengedit video dengan windows movie maker

lihat vidieo ini :


atau dengan tutorial di bawah ini :
cara membuat video dari foto dengan aplikasi ini 
Windows movie maker merupakan software bawaan Windows XP , Windows Vista, dan Windows 7, biasanya terinstal secara langsung saat menginstal windows xp service pack 2. Jika dikomputer belum terinstal bisa download di situs microsoft atau disini download windows movie maker portable  . Software ini bisa digunakan untuk membuat koleksi foto anda menjadi sebuah video clip yang dilengkapi dengan background lagu. Beberapa software profesional yang bisa digunakan untuk mengedit video adalah Pinaccle dan Ulead Video Studio , dll.


 Prosedur untuk membuat video dari foto
1. Siapkan beerapa file foto format jpg atau bmp
2. Siapkan lagu mp3 untuk jadi background video clip

Windows movie maker memiliki keterbatasan, tidak dapat mengenali  file audio atau lagu mp3 . Agar lagu mp3 dapat disisipkan maka harus dikonversi ke format wav, bisa dilhat panduannya disini konversi mp3 menjadi wav

3. Buka aplikasi windows movie maker
Pilih Import pictures , masukkan gambar atau foto

4. Di task window pilih gambar macan kemudian Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar
Klik kanan kemudian pilih Add to Storyboard


5. Tambahkan video effects
Ada beberapa cara
a. secara manual pilih efek yang ada di task window kemudin drag ke story board satu persatu
b. pilih semua gambar yg ada di storyboard  (gunakan Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar)
Klik kanan di video efek yang ada  di task window pilih add to storyboard (lihat gambar langkah 4)



6. Video transition
Ada beberapa cara
a. secara manual pilih video transisi yang ada di task window kemudian drag ke story board satu persatu
b. pilih semua gambar yg ada di storyboard  (gunakan Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar)
Klik kanan di video transitions  yang ada  di task window pilih add to storyboard (lihat gambar langkah 4)


7. Selanjutnya import audio or music , bisa dilihat panduannya disini  Memasukkan lagu ke video clip
8. Tambahkan title dan kredit
9. Klik Save to my computer untuk menyimpan file video clip.
Ikuti saja option defaultnya, Kemudian Next -next hingga finish.

edit video :

Dengan Adanya program ini ente dapat memanfaatkan untuk memotong video, menggabungkan Video, memasukkan Text ke dalam Video, Memasukkan Audio ke Dalam Video, dll.
Cara menjalankan Windows Movie Maker:

  1.     Klik Start.
  2.     Klik All Programs.
  3.     Klik Windows Movie Maker
  4.  Cara Memanggil Video:
Sekarang ente sudah dapat memanggil video untuk diedit:
Jalankan Windows Movie Maker seperti di atas.

  1.     Klik menu File.
  2.     Klik Import Media Items.
  3.     Keluar kotak dialog Import Media Items.

    Klik Computer, kemudian carilah di mana video yang akan diedit, setelah ketemu klik ganda untuk memasukkan, atau klik satu kali kemudian klik Import.

    Maka video akan dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker.


Cara memotong Video:
Setelah video dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker seperti di atas, sekarang potonglah video pada bagian yang ente inginkan dengan cara sebagai berikut:

    Klik ganda video untuk memainkan, atau klik kiri video satu kali kemudian klik tombol Play yang terdapat pada kotak Preview (kotak sebelah kanan).

    Maka video akan dijalankan dan tombol Play akan berubah menjadi tombol Pause. Setelah bagian (awal) video yang ingin dipotong ketemu, klik tombol Pause untuk menghentikan video, kemudian klik tombol Split untuk menghilangkan bagian kiri video. Maka bagian kiri video akan diberi nama Video dan bagian kanan menjadi Video (1).
    Jalankan kembali Video (1), setelah ketemu pada bagian (akhir) video yang ente inginkan, klik Pause untuk menghentikan video sejenak, kemudian klik Split. Maka bagian kiri video akan disimpan dalam Video (1) dan bagian kanan video akan disimpan dalam Video (2). Bagian video yang ente inginkan adalah Video (1). Klik gandalah Video (1) untuk memainkan, atau klik kiri satu kali kemudian klik tombol Play, dan lihatlah hasilnya… Dengan cara yang sama, ente dapat memotong kembali bagian-bagian lainnya sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan ente. Semua potongan-potongan tersebut nanti dapat kita gabung menjadi satu video.
Cara menggabungkan dan Menyimpan Video :
Setelah video selesai ente potong-potong seperti di atas, sekarang potongan-potongan video tersebut dapat kita gabung dan disimpan ke dalam hard disk dengan cara sebagai berikut:

·Seret potongan video ke dalam ke dalam Storyboard, dalam contoh ini seret Video (1) ke dalam Storyboard. Storyboard adalah kotak-kotak besar yang terdapat di bagian bawah jendela. Kemudian seret potongan video yang lain ke dalam kotak kedua dalam Storyboard. Anda dapat memasukkan beberapa potongan video ke dalam Storyboard, potongan video kedua masukkan ke kotak sebelah kanannya, dan seterusnya… Semua video (clip) yang ada dalam Storyboard, itulah nanti yang akan disimpan.

·Ente juga bisa memasukkan video ke dalam Storyboard dengan cara mengklik kanan video kemudian mengklik Add to Storyboard.

·Setelah selesai, klik menu File kemudian klik Publish Movie. Keluar kotak dialog Publish Movie.
·Tandai (klik) This computer, kemudian klik Next.
·  Keluar kotak dialog berikutnya, pada kotak File name ketiklah nama file video Ente (misalnya video Ane), kemudian klik Browse untuk menentukan ke drive dan folder mana video akan disimpan. Setelah selesai klik Next untuk melanjut.
· Keluar kotak dialog berikutnya, klik Publish (setuju dengan pilihan Best quality for playback on my computer (recommended)). Jika ingin kualitas video lebih tinggi, pilih More settings, kemudian pilih DV-AVI (PAL), tetapi dengan pilihan ini maka video akan berakhiran .AVI (Audio Video Interleave) dan ukuran file akan sangat besar.
·Maka video (clip) akan disimpan dengan akhiran .WMV (Windows Media Video), tunggulah hingga selesai.
·Setelah selesai, keluar kotak dialog berikutnya (Your movie has been published), tandai Play movie when I click Finish jika video ingin langsung dimainkan dengan Windows Media Player, sebaliknya hilangkan tanda caping jika video tidak ingin dimainkan otomatis. Setelah selesai, klik Finish.
 
·Selesai! Tutuplah kembali Windows Movie Maker.

Dengan cara yang sama, demikian juga memotong audio. Sekarang cobalah jalankan Windows Media Player, kemudian panggil video ente dan jalankan. Bagaimana, jalan ‘kan? Selanjutnya video dapat ente copy ke dalam CD-R (Compact Disc Recordable) atau ke dalam CD-RW (Compact Disc Rewritable) berupa data, atau dibuat menjadi VCD dengan perangkat lunak Nero. Dan jika ente memiliki e-mail, video juga dapat dikirim melalui e-mail seperti mengirim file biasa. Selain dikirim dengan e-mail, video juga dapat dimasukkan ke dalam Website jika ente memiliki Website agar dapat ditonton orang lain. Sebelum ente memasukkan video ke dalam Website, ubah nama dan akhiran file semuanya menjadi huruf kecil agar dapat dijalankan.

Ente juga dapat bekerja dengan 2 buah atau beberapa video sekaligus, mengambil potongan dari video yang satu dan mengambil potongan dari video yang lain, kemudian menggabungkannya menjadi 1 video.

Cara Memasukkan Text Kedalam Video:
Jalankan Windows Movie Maker dan panggil video yang akan diedit.

·Kemudian seret video ke dalam Storyboard.
·Klik menu View kemudian klik Timeline.
·Maka kotak Storyboard akan berubah menjadi Timeline.
·Klik menu Tools, kemudian klik Titles and Credits.

· Keluar berbagai jenis title, pilihlah salah satu jenis title yang ente inginkan, misalnya Title on the selected clip (Teks di atas video). Keluar kotak Enter Text for Title, ketiklah teks yang ente inginkan. ente dapat menggunakan Change the title animation untuk mengubah animasi teks, Change the text font and color untuk mengubah font dan warna. Setelah selesai, klik Add Title.

 Untuk menentukan seberapa lama teks dimunculkan di atas video, gunakan kotak teks yang terdapat pada kotak Title Overlay: seret ujung kotak teks ke kanan untuk menambah durasi, sebaliknya seret ke kiri untuk mengurangi durasi.
·Untuk melihat hasilnya, jalankan kembali video seperti biasa.
·Dengan cara yang sama, Ente dapat menambah teks di bagian lain.
·Jika semuanya sudah cocok, simpan kembali video Ente.

Cara Memasukkan Audio Kedalam Video:
Selain menambah teks seperti di atas, kita juga dapat memasukkan audio (soundtrack) ke dalam video.
  • · Klik kotak kecil yang terdapat pada tulisan Video.
  • ·  Maka audio yang terdapat dalam video (audio bawaan) akan dipisahkan dan ditempatkan pada kotak Audio.
  • ·Panggil audio yang akan dibuat soundtrack, cara memanggilnya sama seperti memanggil video, kemudian seret ke dalam kotak Audio/Music. Jika panjang audio melebihi panjang video, seret ujung kotak audio ke kiri untuk mengurangi panjang audio, dan buat sama panjangnya dengan video. Sehingga apabila video selesai diputar, audio juga selesai.
  • ·Jika ente ingin mematikan audio bawaan vdeio, klik kanan audio yang terdapat pada kotak Audio kemudian klik Mute.
  • ·Smpan kembali video seperti biasa, selanjutnya jalankan video, dan lihatlah apa yang ente  dapat.

MOGA BERMANFA’AT ………….. +Rinal Purba
Facebook CommentsShowHide